English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 23 Oktober 2012

Melamun Meningkatkan Kreativitas


STUDI dalam jurnal Psychological Science terungkap jika seseorang membiarkan pikiran mengembara dan melayang akan meningkatkan kecakapan kreativitas dan pemecahan masalah. Mereka melakukan tugas penggunaan tidak biasa kepada peserta pertama dengan cara aneh menggunakan obyek di sekitarnya.

Sebelum para relawan melakukan tugas tidak biasa itu harus menyelesaikan empat hal yaitu melakukan tugas menuntut yang butuh perhatian khusus, melakukan tugas ringan, istirahat 12 menit dan bergerak cepat untuk mempersiapkan tugas yang harus diselesaikan.

Ternyata para peneliti menemukan satu-satunya kelompok yang mampu menyelesaikan tugas tidak biasa dengan baik adalah mereka yang melakukan tugas ringan. Sebab mereka diselingi melamun sambil menyelesaikan tugas. Adanya pikiran mengembara membantu berkontribusi tinggi pada tantangan kreatif.

"Data menunjukkan bahwa terlibat dalam tugas-tugas eksternal sederhana memungkinkan pikiran mengembara yang dapat memfasilitasi pemecahan masalah secara kreatif," tulis para peneliti dalam studi.

0 komentar:

Posting Komentar